Thursday 10 December 2015

To be part of them (X IIS 4)


Time flies so fast. Gak kerasa udah 1 semester jadi anak putih abu-abu. And I got a gift to be part of X IIS 4! Pertama kali diumumin masuk ke x iis 4 sebenernya sempet kecewa, karena udah kelas paling akhir banget. Takutnya kelas buangan(gaya banget). Kita bakal sekelas 3 tahun loh guys! 
Tapi Alhamdulillah banget dugaan jelek gak selamanya terjadi jelek. 


X IIS 4 itu kelas yang berlintas minat fisika. Katanya sih yang milih fisika pada terpaksa gitu, tapi gak semua juga kok, salah satunya gue emang udah niat pilih lintas minat fisika karena emang suka. 

Kelas yang didampingi oleh Ibu Iryanti ini terdiri dari 25 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Dengan banyaknya variasi suku budaya ras dan agama kita menjadi lebih tau apa arti persatuan dalam sebuah perbedaan.a6. Ya walaupun kadang suka khilaf, suka pada adu bacot, suka pada cekcok, ya... maklum lah lagi proses memahami berbagai karakter yang ada pada masing-masing makhluk di iis4. 


Kalo soal ekskul, kayanya hampir semua jenis ekskul ada di iis4. Untuk keorganisasian, makhluk iis4 ada 4 siswa yang menjadi anggota osis. Ya maklum lah jadi sering ada kertas selembaran dispen di meja guru. Muridnya pada aktif aktif alias sibuk ikut kegiatan. Entah itu rapat lah, lomba lah, ngurus ini ngurus itu lengkap sudah. Hhmm how nice you are. 

Kalo urusan nilai akademik? Wah, walau kadang kalo guru lagi ngejelasin muridnya suka pada asik ngobrol lah, selfie lah, ngegame lah, bahkan ngerumpi lah, tetap kok rata-rata nilai ujiannya selalu teratas(gak selalu juga sih). 


Kalo urusan nilai non akademik nya? Nah ini lagi, jangan ditanya. Kita punya banyak jagoan yang aktif dalam hal olahraga. Entah itu futsal, handball, dan gatau lagi. Karena kedua ekskul itulah yang sering banget culik siswa iis4 buat dispen pelajaran dalam rangka mengikuti lomba. Waw luarbiasa. 


Nah dalam urusan sikap solidaritasnya gimana? Ini dia yang paling penting dalam sebuah keutuhan kelas. Walau sekolah itu tujuan utamanya adalah mencari nilai, tapi urusan hubungan baik antar sesama teman dalam bersosialisasi juga menjadi hal yang terpenting. Proses belajar mengajar bakal enjoy kalo perasaan atau mood si orang yang mau belajarnya pun enak. Karena kita kan kodratnya makhluk sosial. Saling membutuhkan satu sama lain dan iis4 sudah termasuk kompak solid tentram kok. 

Pertama banget keliatan kompak sih waktu kerja sama untuk membuat nametag buat mos. Ya! Hampir semua siswa ikut kerja kelompok loh. Ya walau sebagian ada yang setor muka doang, tapi itu udah baik banget. Udah mau meluangkan waktunya untuk membangun rasa solidaritas kita ke depannya.a6. 

Konon katanya banyak guru yang mengajar di iis4 dan mereka bilang "kalian kelas ips tapi gak ips ips banget ya" hmm bisa ae bu. Kelas ips rasa ipa loh iis4 itu wkwk. Sebuah kehormatan bagi kami dapat memberi kesan baik terhadap guru yang mengajar. Sehr gut. 

The habits of us. 
Kalo soal kebiasaan pasti semua anak SMA di Indonesia sama semua kayanya ya. Mulai dari ngedumel kalo ada guru yang ribet, ngedumel kalo dapet tugas banyak, ngerjain PR berjamaah disekolah(sumbernya satu doang lagi), dan contek sana contek sini. Tapi diluar itu semua masih banyak banget kebiasaan unik dari 36 makhluk dalam habitat iis4. Mulai dari pinjem-pinjeman powerbank lah, minta tethering lah, nyalain musik trus nyanyi lah, ngomel-ngomel lah, gila-gilaan lah, pokoknya semua ga bakal kita temuin jika kita gak bersama. 
And maybe, it will be a sweetest moment as long as you have. 


Semoga kelas iis4 sukses terus. Bahagia selalu, semakin solid lagi untuk 3 tahun kedepannya! Masuk bareng keluar pun harus bareng. Semoga nanti kita diterima di PTN bareng-bareng ya guys!! Wish we luck!

No comments:

Post a Comment